Wednesday, July 21, 2010

Cerdas Menjaga Bobot Tubuh


KELEBIHAN berat badan merupakan momok menakutkan bagi kaum hawa. Wajar jika menguruskan badan sempat menjadi tren di kalangan para wanita. Tapi apa yang perlu dilakukan pascabobot tubuh menyusut? Haruskah Anda terus-menerus menerapkan pola diet ketat?

Jawabannya tidak. Tapi Anda hanya menjaga bobot tubuh agar tetap stabil, dan tak merusak hasil kerja keras yang selama ini Anda lakukan menjadi sia-sia. Ingin tahu bagaimana caranya? Anda bisa menyimak berbagai penjelasan yang dikutip dari Carefair di bawah ini, yaitu:

Santap hidangan pembuka sebagai hidangan utama
Mungkin Anda tak dapat menghindari restoran atau makan di luar rumah selamanya. Sedangkan di lain sisi, Anda harus tetap menjaga berat badan agar tak melonjak. Tentunya diperlukan strategi khusus bukan dalam hal ini? Kuncinya adalah menerapkan strategi memesan hidangan pembuka sebagai hidangan utama.

Cara lain yang bisa dikerjakan adalah menikmati hidangan menu utama saat makan malam, namun membaginya dengan teman-teman Anda. Penting diingat, Anda harus menghilangkan persepsi bahwa Anda harus menyelesaikan seluruh hidangan utama sendiri. Mudah bukan?

Rutin lakukan latihan fisik setiap hari

Bila sedang tak sibuk, jika memungkinkan, cobalah untuk tetap melakukan latihan olah fisik pada waktu yang sama setiap hari. Kebiasaan yang sehat tentunya bisa membantu Anda menjaga bobot tubuh tetap stabil dan jangan pernah mengabaikan manfaat jogging. Anda pun bisa melakukannya di mana saja dengan atau tanpa ke gym. Ingin mengolah fisik dengan cara yang berbeda, Anda pun bisa mencoba yoga. Sebagian besar wanita bisa memiliki tubuh ramping karena selalu mengikuti kelas yoga secara teratur.

Tetap konsumsi camilan

Bobot tubuh Anda mungkin kini sudah ideal, tapi penting untuk terus menikmati camilan selang beberapa jam setelah menyantap hidangan utama. Tapi pilihlah yang rendah kalori. Karena jika perut tidak benar-benar kosong, Anda akan lebih tergoda untuk membuat keputusan yang buruk menikmati makanan utama kaya akan lemak. Untuk itu, biarkan snack favorit Anda tetap ada di dalam tas. Menemukan snack sehat yang tepat, Anda bisa mencoba granola bar, yakni camilan sehat yang kaya akan serat.

Belajar untuk mengatakan tidak

Di mana-mana akan selalu ada godaan. Contohnya saat Anda menghadiri acara pesta ulang tahun, pastinya sahabat Anda menyajikan cake ulang tahun yang penuh gula dan lemak. Kali ini, Anda bisa menyiasatinya dengan melahap sebuah apel sebagai gantinya. Selain itu, mungkin terasa lebih mudah bagi Anda pergi ke rumah makan cepat saji daripada pulang ke rumah dan memasak makanan. Namun dengan belajar untuk mengatakan tidak terhadap pilihan yang buruk, Anda bisa terbebas dari ancaman kenaikan berat badan.
(tty)

Sumber http://lifestyle.okezone.com/read/2010/07/21/195/355207/cerdas-menjaga-bobot-tubuh

0 comments: